Cara Mendapatkan Modal Untuk Menjalankan Usaha Bagi Pemula

Sulitnya mencari lowongan kerja pada masa sekarang ini, sudah menjadi permasalah umum yang pelik dan sulit untuk dipecahkan. Sempitnya lapangan pekerjaan ini, terkadang memaksa kita memutar otak untuk dapat menciptakan lapangan kerja sendiri, meskipun dalam skala yang sangat kecil. Namun untuk menciptakan lapangan kerja sendiri ini pun tak mudah untuk dilakukan. Permasalahan dan kendala utama yang kerap kali ditemukan oleh mereka kaum muda yang ingin merintis usaha untuk mempekerjakan diri mereka sendiri, pada umumnya berkisar pada permasalahan modal yang ada. Lalu bagaimana sebenarnya cara mendapatkan modal bagi para pemula dalam menjalankan bisnis UKM yang mereka mimpi-mimpikan ini?

MENJALANKAN BISNIS UKM

Bagi kaum muda yang berkeinginan untuk membuka lapangan kerja sendiri dengan mendirikan usaha dalam skala kecil menengah, memang tak dapat dipungkiri bahwa permasalahan utama yang kerap kali menjadi halangan hanyalah cara memperoleh modal berkutat pada masalah permodalan. Untuk itulah pengetahuan tentang permasalahan modal dan cara mendapatkannya haruslah mereka pelajari terlebih dahulu sebelum dengan pasti menjalankan usaha tersebut.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan modal untuk menjalankan bisnis UKM yang Anda dambakan adalah dengan modal pinjaman pribadi, yang dapat Anda peroleh dari sanak famili ataupun anggota keluarga lainnya. Pada umumnya hal ini akan lebih mudah untuk dilaksanakan, mengingat pinjaman pribadi yang diajukan kepada saudara ataupun sanak famili lainnya, tidak mensyaratkan hal-hal yang rumit untuk dipenuhi dan hanya berdasarkan pada asas kepercayaan saja.

Cara kedua untuk mendapatkan modal dalam menjalankan usaha kecil yang Anda impikan adalah dengan mengajukan pinjaman pada berbagai lembaga keuangan. Pinjaman ini tentunya akan mempunyai berbagai persyaratan agar nantinya dapat disetujui oleh pihak pemberi pinjaman. adapun persyaratan umum yang biasanya ditetapkan oleh pihak lembaga keuangan sebagai pemberi pinjaman, antara lain adalah:

  • Peminjam memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun.
  • Memiliki sebuah usaha yang telah berjalan minimal 6 bulan.
  • Menyertakan berbagai dokumen persyaratan seperti KTP, KK, Surat Nikah, NPWP dan surat ijin usaha lainnya.
  • Memiliki rekening tabungan pada lembaga keuangan yang terkait, atau telah menjadi nasabah sebelumnya.

MODAL BISNIS UKM

Jika Anda tidak ingin berbelit dalam mengajukan pinjaman modal pada sebuah lembaga keuangan, maka cara paling efektif untuk mendapatkan modal dengan cepat dan mudah adalah dengan menjual aset pribadi yang Anda miliki. Anda dapat menjual ataupun menggadaikan barang-barang berharga yang Anda miliki seperti sertifikat rumah, BPKB ataupun emas dan perhiasan berharga lainnya. Hasil penjualan ini, nantinya dapat Anda pergunakan sebagai modal utama ataupun modal tambahan dalam menjalankan usaha Anda.

Untuk merintis bisnis UKM ini, ada baiknya Anda memulainya dari hal-hal kecil, dengan jangkauan modal yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda tidak mempunyai tempat usaha yang pasti, Anda dapat menjadikan rumah Anda sebagai bengkel kerja sekaligus alamat surat menyurat dari usaha yang Anda rintis. Untuk mengetahui jenis-jenis UKM yang saat ini sedang berkembang, dan dapat dijadikan sebagai lahan pembuka lapangan kerja, tak ada salahnya Anda secara proactive mencari informasi pada lembaga-lembaga pemerintah terkait, untuk menggali informasi mengenai berbagai hal terkait usaha UKM dan pemberian modal dari pemerintah, sebagai wujud apresiasi mereka pada perkembangan usaha kecil menengah di Indonesia. Pemberian modal dari pemerintah ini, pada umumnya akan diberikan kepada pihak terkait setelah mengikuti berbagai bimbingan dan penyuluhan mengenai usaha kecil menengah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *