Trik Memilih Road Bike yang Tangguh untuk Para Pemula

Olahraga perlu dijalankan dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah kebiasaan baik. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi segar dan bugar apalagi jika dilakukan dengan hati yang riang. Banyak cara berolahraga dimana Anda bisa memilih salah satu yang paling disukai sehingga dapat melakukannya dengan senang hati. Salah satu contohnya adalah dengan bersepeda yang saat ini juga telah menjadi gaya hidup sehat sebagian besar masyarakat. Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan dan disukai banyak orang. Selain itu tak banyak perlengkapan yang dibutuhkan kecuali sebuah sepeda. Jenis sepeda untuk berolahraga pun lebih banyak namun banyak juga yang menggunakan road bike atau sepeda balap untuk alasan kecepatan.

 

Sepeda balap merupakan sepeda yang dirancang untuk memberikan kecepatan dalam bersepeda. Sepeda ini banyak digunakan untuk balapan baik amatir maupun profesional. Perbedaan sepeda balap dengan sepeda biasa adalah pada body dan penggunaan ban dimana semuanya menggunakan bahan dan design yang dirancang untuk memudahkan sepeda melesat lebih cepat. Sepeda balap merupakan pilihan yang pas bagi Anda pemula yang ingin memulai bersepeda sebagai kebiasaan olahraga sehari-hari. Sepeda balap dirancang untuk penggunaan di jalanan halus atau aspal sehingga cocok untuk Anda bersepeda di stadion, running track, hingga jalanan di perumahan. Namun kini juga ada sepeda balap yang bisa digunakan untuk jalanan berbatu yang dikenal dengan nama cyclocross.

 

Meski pada umumnya, sepeda balap sangat baik untuk pilihan olahraga sepeda, namun karena banyaknya jenis sepeda balap, merk dan ukurannya, Anda juga perlu memilih salah satu yang paling baik untuk digunakan. Pemilihan inilah yang sering membuat para pemula bingung dan hanya memilih dari segi warna maupun harganya. Padahal ada beberapa point yang perlu dipertimbangkan ketika Anda ingin memiliki sebuah road bike yang handal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih sepeda balap yang sesuai untuk penggunaan sehari-hari:

 

  1. Pemilihan rangka.

Rangka sebuah sepeda bisa menentukan kuat atau tidaknya sepeda tersebut. Ada beberapa bahan yang umum digunakan untuk sebuah sepeda balap diantaranya adalah besi, alumunium, carbon dan titanium. Dari beberapa pilihan tersebut, sebaiknya Anda menghindari rangka besi karena lebih mudah korosi dibandingkan dengan pilihan bahan lainnya. Untuk pemula, sebaiknya memilih rangka alumunium yang kuat namun ringan serta tahan karat dan memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan bahan titanium yang paling mahal.

 

  1. Merk.

Merk memang bukan segalanya, namun terkadang untuk produk tertentu merk terkenal memberikan jaminan mutu maupun kekuatan. Merk ternama memiliki pengalaman dalam memberikan kualitas hingga bertahun-tahun yang sudah dibuktikan oleh banyak penggunanya.

 

  1. Harga.

Budget harga akan sangat mempengaruhi jenis sepeda yang akan Anda dapatkan. Untuk sepeda balap di berbagai mall dan toko online, budget yang perlu dipersiapkan antara Rp. 2,5 juta hingga puluhan juta rupiah tergantung dari merk sepeda tersebut.

 

Dengan semakin banyaknya orang yang memiliki hobi bersepeda atau melakukan kegiatan bersepeda untuk olahraga, semakin banyak jadwal sepeda santai yang dilakukan baik oleh pemerintah, swasta maupun perorangan. Jangan mau kalah dengan yang lainnya dalam mengusahakan kesehatan bagi diri sendiri. Mulailah kebiasaan baik bersepeda dengan road bike yang nyaman, kuat dan aman setiap hari maupun sesuai jadwal berolah raga Anda. Sepeda balap juga memiliki manfaat fungsional yaitu untuk alat transportasi yang bisa Anda gunakan untuk pergi kuliah, ke kantor atau mengantar Anda mengunjungi tetangga dalam bersilaturahmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *